Pengertian Ready Mix Dan Mutu Beton
konstruksi

Pengertian Ready Mix Dan Mutu Beton

Pengertian ready mix concrete dan mutu beton ini salah satu rangkuman mengenai definisi tentang material, komposisi, mutu serta spesifikasi lainnya. Kami juga ulas mengenai pengertian beton minimix

Selanjutnya dari berbagai sumber penjelasan mengenai pengertian ready mix dan mutu beton ini kami coba rangkum menjadi satu sebagai bahan pendukung dalam pemasaran maupun pengetahuan dalam dunia beton readymix.

Pengertian ready mix dan mutu beton yang kami buat ini merupakan rangakaian definisi atau deskripsi tentang ready mix sebagai rujukan.

Hal itu untuk memudahkan pembaca dalam memahami apa itu ready mix dan bagaimana proses ready mix dalam produksi maupun teknis lainnya.

Pengertian Ready Mix Dan Mutu Beton

Definisi Dan Pengertian Beton

Beton adalah salah satu material bangunan yang terbuat dari pencampuran aggregat dan semen sebagai pengikat. Bentuk paling umum dari beton adalah beton semen portland, yang terdiri dari agregat mineral (kerikil dan pasir), semen dan air

Pengertian beton adalah suatu bahan konstruksi yang digunakan untuk kepentingan pembangunan yang terbuat dari komponen-komponen pendukung beton yaitu, semen, gravel, air dan zat additive sebagai tambahannya.

Pengertian Ready Mix Concrete

Ready Mix adalah istilah untuk beton yang telah di-blend dengan rangkaian bahan material terdiri dari pasir dengan formulasi khusus.

Pengolahan formulasi khusus dilakukan di Batching Plant hingga menjadi beton cor siap pakai dan jadilah beton bermutu siap “disajikan” pada area proyek yang diinginkan.

Pengolahan ready mix berbeda dengan pembuatan beton cor yang biasa dilakukan oleh para pekerja bangunan biasa, dalam memberikan takaran yang kadang disesuaikan dengan selera.

Pembuatan campuran ready mix dilakukan oleh para ahli khusus di bidang mixing, sehingga dapat menghasilkan mutu beton yang berkualitas tinggi.

Pembuat adonan beton bermutu tinggi disebut mix design, perancang, formulator sekaligus penentu kekekuatan beton yang dibuat.

Dalam pencampuran material-material beton yaitu krikil, pasir dan semen juga biasa diberi zat tambahan khusus yaitu admixture,

Kegunaan beton ready mix dapat ditinjau dari beberapa aspek kegunaan antara lain beton non struktural, beton struktural dan beton pratekan/prategang.

Pengertian Mutu Beton

Merujuk pada Pengertian Ready Mix dan Mutu Beton merupakan klasifikasi kegunaan beton itu sendiri yang terdiri dari beberapa karakteristik juga menyatakan kekuatan tekan luas bidang permukaan.

Mutu Beton Dengan Fc

Beton dengan mutu fc’ 25 menyatakan kekuatan tekan minimum adalah 25 MPa pada umur beton 28 hari, dengan menggunakan silinder beton diameter 15 cm, tinggi 30 cm. Mengacu pada standar SNI 03-2847-2002 yang merujuk pada ACI (American Concrete Institute).

1 MPa = 10 kg/cm2

Mutu Beton Dengan Karakteristik

Beton dengan mutu K-250 menyatakan kekuatan tekan karakteristik minimum adalah 250 kg/cm2 pada umur beton 28 hari, dengan menggunakan kubus beton ukuran 15x15x15 cm. Mengacu pada PBI 71 yang merujuk pada standar eropa lama. Disini kita tidak bisa langsung mengatakan 25 MPa sama dengan K-250

Perbandingan Fc’ Dan K

Dengan perbandingan kuat tekan benda uji :

  • Kubus 15x15x15 cm = 1,00
  • Kubus 20x20x20 cm = 0,95
  • Silinder 15×30 cm = 0,83

Contoh :

Mutu beton fc’ 25 MPa (benda uji silinder), mutu beton K berapa? Apabila benda uji kubus 15x15x15 cm

Kuat tekan = 250 kg/cm2 : 0,83 = 301,20 kg/cm2 ~ K-300.

Klasifikasi Kegunaan Beton Berdasarkan Mutu

Mutu beton berdasarkan karakteristik beton dalam praktek di lapangan dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu:

Beton Non Struktural

Beton non struktural adalah pekerjaan pengecoran beton yang tidak mengandung secara langsung unsur strukutral antara lain besi sebagai bahan penulangan cor beton. Mutu beton non struktural atau juga disebut beton kelas I antara lain: K-B0 (Nol) K-100, K125, K-150, K-175, dan K-200

Beton Struktural

Beton struktural adalah jenis beton yang mengandung unsur penulangan besi dalam adukan corannya, beton struktural juga meliputi pekerjaan pembesian dan pekerjaan pengecoran beton. Sedangkan pekerjaan lainnya yang sering berubungan dengan pekerjaan beton adalah pekerjaan peynyusunan struktur baja, bekisting beton, finishing beton, pondasi beton, pasangan bata dan lain sebagainya.

Mutu beton struktural juga disebut beton kelas II yang terdiri dari beberapa kelas antara lain: K-225, K-250, K-275 dan K-300.

Beton Prategang

Beton prategang adalah perpaduan antara beton dan baja, sedangkan beton merupakan materi yang memiliki daya kekuatan tekan yang tinggi akan tetapi kekuatan tariknya rendah. Disamping itu baja memiliki kekuatan tarik yang sangat tinggi. Dengan kombinasi antara kekuatan beton dan baja maka akan menghasilkan struktur yang kuat terhadap beban tekan dan beban tarik. Mutu beton pratekan ini juga disebut kelas III yang terdiri dari beberapa karakteristik kelas antara lain:  K-325, K-350, K-375, K450, dan K-500.

Pengertian Site Mix

Definisi ready mix diatas telah kami jelaskan secara terperinci, selanjutnya muncul pertanyaan apa perbedaan ready mix dan site mix?

Sitemix adalah melakukan pencampuran (mix design) beton cor dilokasi proyek pengecoran, sebenarnya pekerjaan ini hampir sama dengan yang dilakukan di batching plant, permasalahan ini dilakukan disebabkan tidak terjangkaunya armada truk molen ke lokasi proyek yang sedang dikerjakan.

Dengan berkembangnya teknologi, manusia menjadi dipermudah dalam melakukan berbagai aktivitas di segala bidang, termasuk bidang pembangunan atau konstruksi. Secara spesifik, contoh berkembangnya teknologi dalam bidang ini dapat dilihat dalam penggunaan Ready Mix Concrete yang perlahan-lahan menggantikan beton Site Mix. Kedua-duanya sama-sama membuat campuran beton.

Sebelum membahas jenis pengolahan beton lebih lanjut, ada baiknya untuk mengetahui apa maksud dari kata ‘Mix’ pada kedua istilah yang telah disebutkan di atas. Istilah ‘Mix’, yang dalam Bahasa Inggris berarti ‘campuran’, merujuk pada kegiatan mencampur berbagai macam bahan dan material semen untuk pembuatan beton. Lantas, apa perbedaan antara Site Mix dan Ready Mix?

Site Mix, atau yang dalam Bahasa Indonesianya diartikan sebagai ‘campuran di tempat’ merupakan campuran beton yang dikerjakan secara manual langsung pada tempat pembangunan atau konstruksi dilaksanakan. Biasanya, metode ini dipilih untuk tingkat konstruksi kecil yang tidak terlalu membutuhkan banyak jenis bahan atau beton dalam volume yang besar.

Perbedaan Readymix Dan Site-mix

Kontras dengan pengertian tersebut, Ready Mix merupakan istilah yang digunakan untuk metode pengolahan atau pencampuran bahan dan material beton yang dikerjakan oleh mesin. Metode ini dapat dikerjakan langsung di tempat konstruksi, ataupun pada tempat khusus untuk pengolaha yang diberi nama Batching Plant. Biasanya metode ini digunakan untuk pembangunan megastruktur.

Dengan demikian, dapat diketahui bahwa Site Mix merupakan metode lama yang digunakan oleh para ahli bangunan untuk mencampur material beton dan pengecoran, sedangkan Ready Mix merupakan metode baru yang memanfaatkan mesin yang dioperasikan tenaga manusia. Tentu saja, masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Dan Kekurangan Beton Site Mix

Yang lama bukan berarti tidak berguna. Istilah tersebut tepat untuk menggambarkan pemanfaatan metode Site Mix pada mencampuran coran di bidang konstruksi. Tentu saja segala jenis metode memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Lewat penjelasan di bawah ini, anda dapat menyimak apa saja kelebihan dan kekurangan metode Site Mix di bidang konstruksi.

Kelebihan

Dapat digunakan untuk pembangunan skala kecil.

Proses pengolahan yang menggunakan metode Site Mix cenderung lebih mudah dikerjakan pada konstruksi yang berskala kecil, seperti misalnya pembangunan rumah tinggal dan ruko sederhana. Hal ini disebabkan karena konstruksi skala kecil tentunya tidak memerlukan bahan material campuran dalam jumlah besar, sehingga akan lebih baik dikerjakan secara manual.

Harga keseluruhan lebih murah.

Pemanfaatan mesin dalam Ready Mix Concrete tentu saja memerlukan banyak biaya. Sedangkan, pada metode pengolahan Site Mix, anda hanya memerlukan satu hingga 2 alat pencampur atau yang lebih dikenal dengan istilah molen untuk melakukannya. Dengan demikian, harga yang dikeluarkan untuk operasional tentu jauh lebih murah daripada penggunaan mesin skala besar.

Dapat dikerjakan oleh tenaga bukan ahli.

Berkaitan dengan penjelasan sebelumnya, karena hanya menggunakan peralatan pencampur sederhana seperti molen, metode Site Mix dapat dilakukan bahkan oleh tenaga bukan ahli. Sisi positifnya, metode ini menciptakan lapangan kerja bagi orang-orang yang tidak memiliki pengetahuan lebih dalam hal mesin namun masih mempunyai tenaga

Kekurangan

Tidak dapat mengolah bahan dalam jumlah besar.

Di satu sisi, metode ini bukanlah pilihan yang tepat untuk mengerjakan proyek konstruksi skala besar, karena akan dibutuhkan lebih banyak tenaga untuk melakukan pencampuran material dibandingkan dengan proyek skala kecil.

Memerlukan waktu pengerjaan yang cukup lama

Tidak sama dengan mesin yang dapat diprogram, Beton Site Mix menggunakan tenaga manusia. Sehingga, kualitas dan waktu pengerjaan sepenuhnya bergantung pada kondisi tenaga manusia yang mengerjakannya.

Anda sedang ada proyek pengecoran dan butuh steger? lihat penawaran harga di harga sewa scaffolding

Beton Bertulang

Selain menjelaskan tentang pengertian ready mix dan mutu beton disini kami juga sedikit mengulas mengenai beton yang memiliki tulang.

Tidak hanya makhluk hidup yang memiliki tulang, beton juga memiliki struktur tulang yang tentunya telah melalui perancangan secara khusus.

Simak Juga : Daftar Harga Beton Ready Mix Murah Terbaru April 2020

Beton bertulang atau reinforced concrete adalah beton pracetak (precast concrete) yang dibuat dengan menggunakan cetakan tertentu (disesuaikan peruntukannya).

Diantara produk beton bertulang antara lain, U Ditch, Box Culvert, Pagar Panel plus kolomnya, Kanstin, Road Barrier dan dapat dibuat secara kustomisasi tergantung kebutuhan konstruksi yang dibuat

About the author

Related Posts