Klasifikasi Layanan Bus
Blog

Klasifikasi Layanan Bus

Layanan bus mengacu pada pemanfaatan reguler bus transit pada rute tetap, memanggil di halte bus tertentu & mematuhi jadwal yang diumumkan & persyaratan dewan transportasi publik.

Layanan sewa bus wisata di jakarta biasanya bersinggungan dengan operator bus utama, Bus gracias , yang menjalankan sebagian gede layanan bus waralaba. Ada beberapa tipe layanan bus, biasanya dikelompokkan berdasarkan jam layanan ataupun tipe pembayaran.

Karakteristik umum

Operator: mengacu pada perusahaan bus

Titik pertama/terakhir: biasanya mengacu pada persimpangan ataupun terminal bus. Rute loop hanya memiliki satu titik pertama & satu titik looping.

Arah: biasanya dua arah, ataupun searah. Rute loop mungkin terhitung dalam bagian baik tergantung pada tata letak.

Halte bus: pemberhentian dalam darmawisata yang ditentukan bagi naik & turun. Beberapa rute gak mengandung halte bus dalam darmawisata.

Routing: bagian jalur yang dilalui oleh rute bus.

Tarif: tergantung pada jarak yang ditempuh, sekarang itu

Standar bagi tarif jarak jauh diperkenalkan oleh otoritas transportasi darat. Rute lain memungut biaya tetap.

Deployment: mengacu pada penyebaran bus di rute. Itu dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti permintaan penumpang, ataupun keterbatasan fisik beberapa ruas jalur.

Jam layanan: periode masa di mana layanan ditawarkan. Lebih lanjut dipaparkan nanti di risalah.

Headway: periode masa antara bus yang beroperasi pada rute.

Panjang rute: jarak yang ditempuh dalam satu darmawisata.

Masa darmawisata: masa yang diambil bagi satu darmawisata.

Karakteristik rute berikut adalah dikarenakan langsung dari faktor-faktor variabel yang ikut serta dalam operasi bus:

Kapasitas: jumlah aktual penumpang yang mengenakan rute bus. Fluktuasi dapat timbul dalam kerangka masa singkat (mis. Puncak versus periode bukan puncak) & kerangka masa panjang (perubahan demografi sepanjang rute)

Faktor muatan penumpang: jumlah pemanfaatan jumlah kapasitas yang tersaji dari kendaraan pengangkut, yang ikut serta dalam penghitungan rata-rata hunian pada rute bus tertentu. Makin banyak penumpang di setiap bus pada masa tertentu, makin teratas faktor muatan penumpang di sepanjang rute.

Masa tempuh aktual: fluktuasi masa tempuh aktual diakibatkan oleh faktor lingkungan seperti kemacetan lalu lintas yang gak terduga. Rute-rute seperti itu sering menemui masa darmawisata yang panjang gak konsisten dengan masa darmawisata yang direncanakan.

Layanan bus diklasifikasikan ke dalam beberapa tipe berdasarkan tipe operasinya. Mereka:

Rute batang:

Rute bus yang membentang antara kota. Itu adalah rute bus paling umum di jakarta, & terhitung rute lintas batas.

Layanan darmawisata singkat:

Darmawisata jarak pendek khusus yang hanya beroperasi di sepanjang segmen rute induknya, biasanya bagi melayani sektor-sektor dengan permintaan teratas ataupun bagi meminimalkan pemborosan sumber daya yang mengoperasikan darmawisata penuh sebelum terakhir jam layanan.

Rute bus pengumpan:

Rute bus yang beroperasi di sekitar lingkungan. Mereka biasanya beroperasi di luar persimpangan bus, sediakan koneksi ke berbagai bagian kawasan perumahan, & ialah kunci sistem transportasi hub-and-spoke jakarta.

Rute

Rute bus pengumpan diperpanjang yang ialah gabungan dari rute pengumpan yang ada. Itu sediakan koneksi antara berbagai bagian dari perumahan sedangkan juga melayani pertukaran bus.

 

About the author

Related Posts