sewa bus murah jakarta timur
Blog

Harus Disiapkan Sebelum Travelling Ke Luar Negeri, Ini Cara Membuat Paspor!

Sudah sering travelling ke sejumlah kota di dalam negeri menggunakan bus pariwisata jakarta timur , kali ini kamu ingin mencoba sesuatu yang baru? Kamu bisa tuh mencoba travelling ke luar negeri. Selain mencoba keluar dari zona nyaman, kamu juga bisa menambah wawasan tentang kehidupan di luar negeri. Siapa yang tahu ada pelajaran bagus yang bisa kamu terapkan di negeri tercintamu ini.

Kamu tahu bahwa saat memutuskan travelling ada sejumlah hal yang perlu kamu pertimbangkan dan kamu persiapkan. Kian jauh tujuan travellingmu, maka kian mantap pula pertimbangan yang harus kamu buat. Demikian pula halnya ketika kamu memutuskan untuk travelling ke luar negeri. Rajin meriset negera tujuanmu adalah keharusan. Dengan begitu kamu memiliki insight mengenai waktu yang tepat untuk berkunjung ke negara tersebut, berapa biaya yang akan kamu habiskan untuk makan, transportasi, penginapan serta tiket masuk wisata. Di samping itu, berbeda negara akan berbeda pula soal adat dan kebiasaan. Hal ini perlu kamu pelajari agar kelak di tempat tujuan kamu terhindar dari masalah yang disebabkan oleh ketidaktahuanmu.

Namun sebelum membahas lebih jauh tentang travelling ke luar negeri, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Di antaranya adalah paspor dan visa. Jika travelling ke dalam negeri kamu cukup membawa Kartu Tanda Penduduk saja, maka berbeda halnya jika kamu keluar negeri. Passport is a must! Sementara visa bergantung dari negara mana yang akan kamu kunjungi. Sebab ada sejumlah negara yang membebaskan visa bagi para pengunjung dari Indonesia.

Jangan Takut Ribed, Ini Cara Membuat Paspor!

Eits, jangan keburu berpikir rumit dulu. Membuat paspor tidak serumit yang kamu bayangkan, kok! Berikut ini sudah kami rangkum cara membuat paspor. Siap-siap travelling ke luar negeri deh!

1. Ambil Nomor Antri Paspor

Paspor adalah dokumen wajib yang harus kamu bawa ketika berpergian lintas negara. Paspor diterbitkan secara resmi oleh negara bagi setiap orang yang mengajukan paspor sesuai dengan syarat dan ketentuan. Di dalamnya akan membuat sejumlah informasi penting tentang pemilik. Seperti nama, tempat dan tanggal lahir, kebangsaan dan nomor identitas pribadi lainnya.

Paspor memiliki dua jenis yaitu paspor reguler dan paspor elektronik atau e-paspor. Perbedaan dari kedua jenis paspor ini terletak pada chip kecil yang dimiliki e-paspor sementara paspor reguler tidak memiliki chip. Namun cara membuat kedua jenis paspor ini bisa kamu lakukan dengan cara yang sama. Yang pertama kali harus kamu lakukan adalah mengambil nomor antri paspor melalui aplikasi yang bisa kamu download di playstore. Setelah kamu mendapatkan nomor antri dan jadwal pembuatan paspor, kamu bisa langsung datang ke kantor imigrasi setempat.

2. Siapkan Hal Ini Sebelum Datang Ke Kantor Imigrasi

Kamu bisa datang ke kantor imigrasi terdekat dengan tempat tinggalmu. Namun sebelum itu ada beberapa dokumen yang harus kamu bawa. Di antaranya adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akta Kelahiran, Kartu Keluarga (KK) dan sejumlah dokumen pendukung lain bila diperlukan. Tidak hanya yang fotokopi, kamu juga harus membawa dokumen aslinya. Yang perlu kamu ingat dalam mengurus pengajuan paspor adalah kamu harus datang secara langsung dan tidak bisa diwakili.

3. Ikuti Proses Pengajuan Paspor

Alasan mengapa kamu harus datang sendiri dan tidak bisa diwakili adalah kamu harus melakukan foto diri dan rekam sidik jari. Setelah dokumenmu siap, kelengkapan dokumenmu akan diperiksa oleh petugas. Setelah itu kamu akan diminta melakukan pembayaran biaya paspor. Biayanya akan bergantung dari jenis paspor yang kamu buat. Paspor reguler memakan biaya sekitar seratus ribu untuk dua puluh empat halaman dan tiga ratus ribu untuk empat puluh delapan halaman. Sementara untuk paspor elektronik kamu harus membayar sekitar tiga ratus lima puluh ribu untuk dua puluh empat halaman dan enam ratus ribu untuk empat puluh depan halaman. Ditambah dengan biaya peremakan data biometrik sebesar lima puluh lima ribu. Setelah itu kamu akan diwawancara oleh petugas.

4. Penerbitan Paspor

Usai diwawancara, data-datamu akan diverifikasi kembali. Penerbitan paspor memakan waktu kira-kira seminggu hingga dokumen tersebut sampai di tanganmu. Bagaimana, mudah bukan?

About the author

Related Posts