Blog

Yuk Cari Tahu Cara Pasang Roller Blind disini!

Tirai penutup jendela merupakan salah satu kebutuhan yang sangat urgen dalam melengkapi dekorasi ruangan. Oleh sebab itu, jenis tirai yang unik dan menarik terus bermunculan, mulai dari yang standar hingga bentuk yang paling asing di masyarakat seperti tirai modern yang menggunakan sistem roller. Proses pemasangan roller blind ini tentu juga berbeda dengan gorden biasa. Sehingga bagi mereka yang baru pertama kali menggunakannya perlu mempelajari cara yang tepat agar bisa dilakukan sendiri.

Cara Pasang Roller Blind

Cara Mudah Memasang Tirai Blind

Jika sudah terbiasa, sebenarnya cara pemasangan tirai modern ini tidak sesulit yang dibayangkan banyak orang. Selama ada perlengkapan yang cukup serta ketelitian, maka tirai ini sudah bisa diaplikasikan pada jendela rumah anda. Berikut adalah 4 trik mudah pemasangannya.

1. Ukur Jendela dan Roller yang Dibutuhkan

Sama dengan pemasangan tirai jenis lainnya, maka langkah pertama yang sangat mempengaruhi hasilnya adalah dengan mengukur jendela dan roller blind yang dibutuhkan. Pengukuran ini harus dilakukan dengan teliti agar nantinya pemasangan bisa dilakukan dengan mudah tanpa proses pembongkaran.

Pastikan ukuran ruang jendela memiliki lebar dan panjang yang sama dengan tirai roller yang dibutuhkan. Jika tidak dapat menemukan ukuran yang sesuai, lakukan pemotongan kain tirai di tempat anda memesan, agar tidak terjadi kerusakan yang justru merusak tampilannya.

2.  Siapkan Peralatan dan Perlengkapan

Berbeda dengan tirai kain biasa yang bisa diwariskan pada orang lain dalam bentuk lipatan, maka tirai blind harus dimiliki satu set dengan  perlengkapannya. Oleh sebab itu, jika anda berniat memasang tirai ini untuk pertama kalinya, sebaiknya langsung mendatangi supplier penyedia tirai blind  agar bisa mendapatkan secara lengkap dengan peralatannya seperti bracket sekrup, ataupun clip.

Semua toko ataupun supplier berkualitas pasti akan menyediakan tirai blind beserta alatnya yang lengkap tanpa diminta sekalipun. Dengan demikian, anda hanya perlu menyiapkan alat yang digunakan dalam proses pemasangan, seperti bor, obeng ataupun pensil.

3. Lakukan Pemasangan Secara Bertahap

Pemasangan roller blind murah harus dilakukan secara bertahap mulai dari perekatan bracket pada dinding  yang merupakan alat penyangga roller, hingga tirai utamanya. Dalam pemasangan bracket, anda bisa menandai dinding atau bidang yang akan dipasangi tirai menggunakan pensil dengan jarak yang sesuai antara yang satu dengan lainnya. Setelah itu, pasang bracket dengan memasukkan sekrup menggunakan bor agar bisa menempel kokoh.

Pemasangan selanjutnya adalah mengaitkan tirai pada bracket yang sudah terpasang tadi, dan sertakan pula roller nya. Agar lebih rapi, hindari pemasangan dengan jarak jangkau yang kurang tepat, pastikan anda bisa melakukan pemasangan dengan nyaman menggunakan kursi atau tangga. Melakukan pemasangan dengan meraba-raba karena jarak yang terlalu jauh bisa mengakibatkan hasil pemasangan kurang maksimal.

4. Proses Finishing

Finishing hanya dilakukan  untuk menyempurnakan bagian pemasangan yang kurang tepat ataupun masih berantakan. Untuk melakukan proses ini, anda bisa meminta bantuan orang lain untuk melihat bagian tirai yang kiranya masih kurang tepat.

Selain itu, finishing juga meliputi penataan tirai agar lebih rapi dan mampu menutup jendela dengan sempurna. Jika ada bekas pengeboran bracket yang menyisakan noda atau debu bisa segera dibersihkan agar tidak melekat.

Beberapa cara pemasangan di atas bisa langsung dipraktikkan dengan mudah walaupun anda baru pertama kali melakukannya. Kemungkinan terjadi kesalahan saat pemasangan sangat kecil mengingat dalam satu set roller blind sudah terdapat buku panduan pemasangannya. Kalaupun terjadi masalah, biasanya disebabkan kurang teliti dalam melakukan pengukuran yang dilakukan pada tahap awal.

About the author

Related Posts