Gambar Vektor
Blog

Arti Sebenarnya Dari Gambar Vektor!

Mungkin kita sudah cukup sering mendengar kata vektor, apalagi para calon desainer grafis ataupun seorang desainer grafis profesional pasti sudah sering menemui kata tersebut dalam membuat desain apapun. Entah itu ID Card, Banner, bahkan hingga gelang tiket wristband sekali pun. Tapi apakah kita benar mengetahui artinya? Lalu bagaimana dengan ciri-ciri dari gambar vektor? Nah, untuk itu artikel ini akan membagikan pengetahuan tentang gambar vektor untuk kalian.

PENGERTIAN GAMBAR VEKTOR 

Pada artinya gambar vektor merupakan sebuah gambar yang tercipta dari perpaduan dua elemen antara titik dan garis secara matematis sehingga terbentuk sebuah poligon yang dapat menggambarkan sebuah objek gambar tertentu. Titik dari gambar vektor disebut dengan istilah control points atau nodes, dimana letak dari tiap titik akan memiliki posisi yang pasti dengan berdasarkan sumbu x dan y di sebuah bidang kerja. Untuk gambar vektor bagian garis atau titik dapat ditambahkan berbagai bentuk lainnya, ataupun ketebalan garis, kurva, warna garis serta warna pada isi.

Beberapa aplikasi pendukung untuk membuat vektor bisa kamu jumpai dengan mudah, untuk para desainer grafis ada beberapa software yang cukup populer di telinga seperti Corel Draw, Adobe Illustrator, Adobe Indesign dan lain sebagainya. Objek yang biasanya dapat diciptakan dari gambar vektor ini antara lain lingkarang, segitiga, poligon, bujur sangkar pada bentuk 2 dimensi dan untuk 3 dimensi ada kubus, limas, tabung dan lainnya.

CIRI-CIRI GAMBAR VEKTOR 

1. Gambar vektor terbentuk dari paduan beberapa objek yang bersifat individu terdiri dari titik, garis, dan warna.
2. Ukuran gambar vektor tidak akan mempengaruhi kualitas gambar yang ditampilkan, sebab tidak bergantung dengan resolusi gambar.
3. Ukuran size memori relatif kecil
4. Bersifat Scalable membuatnya tidak pecah apabila gambar nanti diperbesar atau diperkecil.
5. Hasil gambar yang diciptakan kurang nyata dan tidak natural, sehingga tidak cocok digunakan untuk membuat gambar foto bersifat realistik.

Gambar vektor juga cocok untuk kebutuhan cetak karena sifatnya yang Scalable memungkinkannya dicetak dalam berbagai ukuran bahkan dengan skala yang sangat besar sekalipun. Seperti ketika kita akan mencetak banner, x banner, flyer, katalog, gelang wristbandid card, kartu nama, dan lain sebagainya.

About the author

Related Posts